free stats

Ponsel Anda telah menganggur selama berjam-jam, dan Anda belum mendengar satu nada pun untuk email masuk. Jika ini tidak biasa, Anda mungkin mengalami masalah: Anda Android ponsel kemungkinan tidak menyinkronkan email Anda, jadi Anda tidak menerima pesan apa pun di perangkat Anda.

Masalah seperti ini dapat membuat Anda kehilangan email penting, yang dapat merugikan jika Anda tidak menyelesaikannya dengan cepat. Untungnya, kami akan menunjukkan cara untuk memperbaikinya saat email Anda tidak disinkronkan di Android perangkat.

1. Pastikan Sinkronisasi Email Otomatis Diaktifkan

Sebagian besar klien email mengaktifkan sinkronisasi otomatis sehingga Anda dapat menerima email tanpa penundaan. Namun, jika Anda menonaktifkan sinkronisasi di aplikasi email, Anda akan berhenti menerima email di Android telepon.

Anda dapat memeriksa apakah ini sebabnya email Anda tidak disinkronkan dengan mengaktifkan opsi sinkronisasi otomatis di aplikasi email Anda. Aplikasi kemudian akan secara otomatis mencari email baru dan memberi tahu Anda saat ada pesan baru yang masuk.

Anda dapat mengaktifkan sinkronisasi otomatis dari menu pengaturan aplikasi email Anda. Di sini kami menunjukkan cara melakukannya di Gmail, tetapi langkah-langkahnya harus serupa untuk sebagian besar klien email lainnya:

  1. Luncurkan aplikasi email Anda, seperti Gmail.
  2. Ketuk ikon hamburger (tiga garis horizontal) di pojok kiri atas dan pilih Pengaturan.
  3. Pilih akun email, jika Anda memiliki banyak akun di ponsel Anda.
  4. Gulir ke bawah dan pastikan Sinkronkan Gmail atau opsi serupa diaktifkan.

Jika Sinkronkan Gmail diaktifkan, periksa apakah perangkat Anda Penghemat baterai mode aktif dan matikan. Mode penghemat baterai menonaktifkan sinkronisasi latar belakang. Atau, alih-alih menonaktifkan mode penghemat baterai, buka Gmail dan ketuk Sinkronisasi otomatis tidak aktif untuk mengaktifkan.

2. Lakukan Sinkronisasi Email Manual

Jika sinkronisasi otomatis tidak berfungsi karena alasan tertentu, ponsel Anda memiliki opsi untuk melakukan sinkronisasi manual. Ini memaksa aplikasi email Anda untuk menyinkronkan, menemukan, dan mengunduh email baru ke perangkat Anda.

Opsi ini berfungsi seperti sinkronisasi biasa, kecuali Anda harus secara manual masuk ke pengaturan dan mengetuk opsi. Ingat, langkah-langkah yang tepat bervariasi dari perangkat ke perangkat.

Untuk menyinkronkan email Anda secara manual di Android:

  1. Buka Pengaturan aplikasi di ponsel Anda dan pilih Akun.
  2. Pilih akun email tempat Anda mengalami masalah sinkronisasi.
  3. Ketuk Sinkronisasi akun opsi untuk melihat semua fitur yang dapat Anda sinkronkan.
  4. Ketuk tiga titik di sudut kanan atas layar Anda dan pilih Sinkronkan sekarang.
  5. Ponsel Anda akan mulai menyinkronkan data Anda, termasuk email Anda.
  6. Jika ada email baru yang tersedia, Anda akan melihatnya di klien email Anda.

3. Hapus Anda Android Penyimpanan Perangkat

Saat ponsel Anda mengunduh email, ini menghabiskan sebagian ruang di memori perangkat Anda. Jika Anda kehabisan penyimpanan di ponsel, mungkin itu sebabnya email Anda tidak disinkronkan (terutama saat mencoba mengunduh email dengan lampiran besar).

Untungnya, Anda dapat memperbaikinya dengan menghapus file yang tidak dibutuhkan dari ponsel Anda sebagai berikut (petunjuk khusus berbeda-beda untuk setiap perangkat):

  1. Buka Pengaturan aplikasi dan ketuk Penyimpanan.
  2. Anda akan melihat total dan ruang memori yang tersedia di perangkat Anda.
  3. Mengetuk Kosongkan Ruang untuk menemukan file yang dapat Anda hapus untuk memberi ruang pada perangkat Anda.

Tidak semua Android ponsel memiliki opsi ini untuk menemukan dan menghapus file yang memonopoli ruang. Jika milikmu tidak, kamu bisa gunakan File dengan Google untuk menghapus file alih-alih.

4. Pastikan Anda Memasukkan Kata Sandi yang Benar di Aplikasi Email Anda

Saat Anda mengubah kata sandi untuk akun email Anda (pastikan kata sandi Anda aman dan mudah diingat), Anda juga harus memperbaruinya di aplikasi email di ponsel Anda. Jika Anda tidak melakukannya, ponsel Anda tidak akan dapat menyinkronkan email baru, karena tidak memiliki otorisasi untuk melakukannya.

Anda dapat memperbaiki masalah ini dengan membuka aplikasi email dan memasukkan kata sandi baru Anda. Aplikasi kemudian akan terhubung ke server email dan mengambil pesan baru untuk Anda.

Ingatlah untuk memperbarui kata sandi di mana pun Anda menggunakan akun itu setiap kali Anda mengubah kata sandi.

5. Hapus Cache dan Data untuk Aplikasi Email Anda

Seperti semua aplikasi di perangkat Anda, aplikasi email Anda menyimpan data dan file cache di ponsel Anda. Meskipun file-file ini biasanya tidak menyebabkan masalah apa pun, ada baiknya membersihkannya untuk melihat apakah itu memperbaiki masalah sinkronisasi email pada Anda. Android perangkat.

Menghapus data dan file cache tidak akan menghapus email Anda; email Anda disimpan di server penyedia email Anda. Untuk menghapus cache:

  1. Akses Pengaturan aplikasi dan ketuk Aplikasi & notifikasi.
  2. Temukan aplikasi email Anda, seperti Gmaildan ketuk di atasnya.
  3. Ketuk Penyimpanan pilihan.
  4. Anda akan melihat berapa banyak ruang yang digunakan aplikasi email Anda. Ketuk Hapus Cache untuk menghapus data cache. Anda juga dapat memilih Hapus Penyimpanan jika Anda mau, tetapi perlu diingat bahwa ini akan menghapus semua data aplikasi dari ponsel Anda seolah-olah Anda memasangnya kembali. Anda harus masuk lagi dan melakukan sinkronisasi awal pesan Anda.
  5. Buka aplikasi email Anda dan konfigurasikan ulang jika perlu.

6. Perbarui Aplikasi Email Anda

Untuk kinerja terbaik, Anda harus selalu memperbarui aplikasi. Jika sudah lama sejak Anda memperbarui aplikasi email, ada baiknya mencari di Play Store jika pembaruan tersedia.

Pembaruan baru memperbaiki banyak bug yang ada di aplikasi. Jika email Anda tidak disinkronkan karena bug seperti itu, ini akan memperbaiki masalah untuk Anda:

  1. Luncurkan Play Store di ponsel Anda.
  2. Cari aplikasi email Anda menggunakan fitur pencarian, atau ketuk ikon akun Anda di kanan atas dan pilih Kelola aplikasi dan perangkat dan ketuk Pembaruan tersedia untuk memeriksa aplikasi dengan pembaruan yang tertunda.
  3. Jika pembaruan tersedia, ketuk Memperbarui untuk mengunduh dan menginstal pembaruan.

7. Tambahkan Kembali Akun Email ke Aplikasi Email Anda

Jika email Anda belum disinkronkan, Anda mungkin mengalami masalah dengan konfigurasi akun. Dalam hal ini, menghapus dan menambahkan kembali akun Anda ke aplikasi dapat memperbaikinya. Dengan cara ini, Anda dapat mengonfirmasi pengaturan untuk memastikan tidak ada yang salah konfigurasi.

Untuk melakukan ini, Anda harus terlebih dahulu menghapus akun email Anda dari aplikasi. Gunakan opsi di aplikasi untuk melakukannya; Anda juga dapat menuju ke Pengaturan > Akunketuk akun, dan pilih Menghapus akun untuk melepasnya dari ponsel Anda. Kemudian, tambahkan kembali akun yang sama menggunakan opsi di klien email Anda.

8. Aktifkan Notifikasi untuk Aplikasi Email Anda

Terakhir, bisa jadi email disinkronkan dengan baik, tetapi ponsel Anda tidak mengirimkan notifikasi kepada Anda. Anda dapat memperbaiki masalah ini dengan mengaktifkan notifikasi untuk klien email Anda (langkah-langkah spesifik bervariasi dari satu perangkat ke perangkat lainnya):

  1. Menuju ke Setelan > Aplikasi & notifikasi dan ketuk aplikasi email Anda (gunakan Lihat semua aplikasi X jika diperlukan).
  2. Ketuk Notifikasi pilihan.
  3. Putar sakelar untuk semua Tampilkan notifikasi pilihan untuk Pada posisi. Tweak kategori di bawah ini jika Anda suka.

Bekerja Secara Efisien Dengan Email Anda

Jika Anda kehilangan email karena ponsel Anda tidak menyinkronkannya, Anda seharusnya memperbaiki masalah menggunakan metode di atas.

Sekarang setelah email Anda kembali aktif dan berjalan, Anda harus memastikan bahwa Anda mendapatkan hasil maksimal dari aplikasi email Anda. Banyak klien menawarkan banyak fitur hebat untuk membantu produktivitas Anda, jadi jangan takut untuk melihat-lihat pengaturan.

Share.

Leave A Reply