free stats

Memulai saluran YouTube membutuhkan banyak pekerjaan, dan kecuali Anda salah satu dari beberapa pengecualian, Anda tidak mungkin berhasil dalam semalam. Selain secara teratur mengunggah video berkualitas tinggi yang memberikan nilai kepada audiens target Anda, Anda juga harus fokus pada pemasaran saluran Anda.

Anda dapat menggunakan internet untuk membagikan konten Anda di banyak tempat. Namun, memiliki begitu banyak pilihan bisa menjadi luar biasa. Jadi, ada baiknya mempersempit pilihan Anda ke mana pun Anda akan mendapatkan pengembalian terbaik atas investasi waktu Anda.

Artikel ini akan memberi Anda delapan ide untuk mempromosikan saluran YouTube Anda secara online.

Terlepas dari industri tempat Anda berada, jaringan adalah salah satu keterampilan yang paling penting kamu bisa belajar. Dan meskipun Anda mungkin berpikir itu tidak terlalu penting bagi pembuat konten online, mengenal YouTuber lain dapat meningkatkan visibilitas saluran Anda.

Jika Anda baru mengenal YouTube, Anda tidak dapat mengharapkan orang-orang di platform untuk segera mengetahui siapa Anda. Namun, Anda dapat menampilkan nama Anda di depan pembuat konten yang berpikiran sama—dan menjadi lebih terlihat oleh penonton—dengan memberikan komentar di video mereka.

Seiring waktu, orang yang menonton video pembuat konten utama mungkin mengeklik saluran Anda dan melihat konten Anda. Namun, Anda harus memastikan bahwa Anda meninggalkan komentar yang berarti. Bagikan pendapat Anda tentang topik tersebut, dan bicarakan tentang apa yang Anda sukai dan tidak sukai dari video mereka.

Munculnya TikTok telah menyebabkan beberapa platform media sosial utama mengadopsi bentuk konten video pendek mereka sendiri. Banyak saluran mendorong konten yang sesuai dengan kategori ini, yang telah memberikan peluang besar bagi pembuat konten seperti Anda untuk membangun pemirsa Anda.

Jika Anda telah membuat video YouTube, Anda memiliki banyak konten yang dapat digunakan kembali untuk platform media sosial. Sementara TikTok adalah pilihan masuk bagi banyak orang, Reel Instagram juga layak untuk dicoba. Anda juga dapat membuat video pendek di LinkedIn, Facebook, dan Twitter.

Untuk membuat video vertikal dari rekaman lanskap, Anda dapat menggunakan alat seperti Premiere Pro atau Premiere Rush untuk memotong konten Anda dengan cepat. Anda harus memeriksa aturan untuk menggunakan konten yang muncul di platform lain untuk setiap saluran, karena beberapa tidak mengizinkan repost.

Anda mungkin tahu semua tentang video berdurasi lebih panjang dan YouTube Shorts, tetapi seberapa besar pertimbangan Anda terhadap fitur Komunitas platform?

Komunitas adalah salah satu alat YouTube yang paling diremehkan. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk membuat beberapa jenis posting, termasuk status yang mirip dengan Facebook dan LinkedIn. Selain itu, Anda dapat menambahkan GIF dan gambar diam—bersama dengan membuat polling dan banyak lagi.

Anda harus mengumpulkan setidaknya 500 pelanggan untuk menggunakan tab Komunitas YouTube. Setelah Anda memilikinya, Anda akan menerima akses ke fitur tersebut dalam waktu seminggu.

4. Buat Penampilan Tamu di Podcast

Podcasting menjadi semakin populer sepanjang abad ke-21, dan konten semacam ini memungkinkan pengguna untuk belajar saat bepergian. Terlepas dari apakah Anda seorang YouTuber kecil atau Anda telah membangun basis pelanggan yang kuat, penampilan tamu podcast adalah cara terbaik untuk menjangkau lebih banyak orang.

Jika Anda adalah saluran YouTube yang lebih baru, Anda mungkin harus mempromosikan diri Anda ke podcast sebelum mendapatkan kesempatan untuk tampil. Namun, YouTuber yang lebih mapan mungkin akan memiliki banyak permintaan setiap minggunya.

Sebelum muncul di podcast, persiapkan dan pilih salah satu yang masuk akal dari perspektif niche. Idealnya, Anda juga ingin memilih satu dengan pendengar yang signifikan.

5. Bagikan Video Anda di Twitter

Twitter adalah platform yang sangat baik untuk fotografer, tetapi pembuat konten online mana pun dapat menggunakan platform ini dengan baik. Jaringan telah membuat berbagi konten video lebih mudah; yang perlu Anda lakukan adalah mengunggah file ke tweet dan membagikan pemikiran Anda.

Anda juga dapat membagikan tautan ke video YouTube Anda di umpan Twitter Anda. Alat pencarian situs web adalah fungsi yang kuat, dan menggunakan kata kunci dan tagar penting berpotensi membantu Anda menjangkau lebih banyak pemirsa.

Saat menggunakan Twitter untuk membagikan video Anda, pertimbangkan untuk menandai akun yang terkait dengan konten Anda. Misalnya, Anda dapat menandai Sony jika Anda telah meninjau salah satu kamera perusahaan. Melakukannya mungkin membuat Anda mendapatkan retweet dan perhatian lebih lanjut sebagai hasilnya.

6. Pertimbangkan Menggunakan Google Iklan

Meskipun pertumbuhan organik sangat penting untuk kesuksesan jangka panjang pembuat konten online, Anda tidak boleh mengabaikan kekuatan iklan berbayar. Google Iklan memiliki banyak pilihan alat periklanan, dan Anda dapat menggunakan fitur ini untuk mempromosikan video Anda.

Pilih video yang ingin Anda promosikan dan sesuaikan audiens target Anda. Kami memiliki panduan mendalam tentang Cara Penggunaan Google Iklan untuk mempromosikan video YouTube jika Anda tertarik untuk mencobanya.

7. Kembangkan Jangkauan Situs Web Anda

Jika Anda serius ingin membangun bisnis online, Anda mungkin ingin memiliki situs web untuk saluran YouTube Anda. Melakukannya akan memungkinkan Anda mengunggah berbagai jenis media, seperti posting blog dan infografis. Selain itu, Anda akan memberi orang cara mudah untuk menghubungi Anda untuk peluang potensial.

Menumbuhkan jangkauan situs web Anda dapat memberikan efek positif pada saluran YouTube Anda. Mendapatkan eksposur di mesin pencari pasti akan membawa lebih banyak perhatian ke situs web Anda, yang—pada gilirannya—mungkin menghasilkan jumlah klik-tayang yang lebih tinggi ke saluran Anda.

Anda dapat menggunakan beberapa metode untuk mengembangkan jangkauan situs web Anda. Mengoptimalkan halaman Anda untuk peringkat mesin pencari dan menerbitkan konten yang bermakna adalah dua opsi.

8. Lihat Forum di Reddit

Banyak YouTuber dan pembuat konten online tetap menggunakan saluran media sosial utama. Tetapi jika Anda ingin berpikir di luar kebiasaan, Anda dapat menemukan beberapa platform dengan audiens potensial yang sangat besar. Salah satunya adalah Reddit, yang menerima lebih dari satu miliar kunjungan setiap bulan.

Di Reddit, Anda akan menemukan forum untuk hampir semua topik yang bisa dibayangkan. Pikirkan tentang di mana audiens target Anda kemungkinan akan berlama-lama, dan posting tautan ke konten Anda di sana. Paling buruk, Anda mungkin akan menerima umpan balik yang membangun untuk membantu Anda tumbuh.

Periksa subreddit sebelum memposting, karena beberapa mungkin tidak mengizinkan Anda membagikan tautan eksternal atau promosi.

Menumbuhkan saluran YouTube Anda membutuhkan upaya yang signifikan, tetapi Anda akan menemukan banyak sekali tempat untuk mempromosikan konten Anda secara online. Peningkatan konten video berdurasi pendek telah membuka banyak peluang untuk membangun pengikut di media sosial, dan beberapa platform yang kurang diperhatikan juga menawarkan potensi besar.

Saat mempromosikan saluran YouTube Anda, lakukan riset terlebih dahulu untuk menentukan di mana Anda akan menemukan pemirsa Anda. Kemudian, Anda akan memiliki peluang yang jauh lebih baik untuk menemukan orang-orang ideal Anda.

Share.

Leave A Reply